manfaat Lengkuas / laos yang belum banyak orang tau

Tanaman Lengkuas merupakan salah satu jenis bumbu dapur yang mudah ditemukan disekitar kita. Dalam kajian ilmiah, lengkuas dikenal dengan nama latin Alpinna Galanga.
Lengkuas mirip dengan jahe dan kunyit namun memiliki ciri-ciri yang berbeda misalnua dari bentuk daunnya dan lengkuas memiliki aroma yang sangat khas.
Bagian tanaman lengkuas yang dimanfaatkan untuk dikonsumsi adalah dari rimpangnya. Pada akar rimpang ini, memiliki kandungan berupa sejumlah senyawa penting antara lain minyak atsiri yang terdiri atas galangol, methyl-cinnamae, galangin dan sineol. Senyawa lainnya adalah kamfer, seskuiterpen, kadien, resin, heksabidrokadalen hidrat, amilum dan masih banyak lagi lainnya yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita.

Adapun beberapa khasiat dan manfaat lengkuas bagi kesehatan yang tidak banyak diketahui antara lain:
1.Lengkuas mampu mencegah dan mengobati tumor. Senyawa transkoniferil disasetat di dalam lengkuas diketahui mampu menghambat kerja enzim xanthin yang merupakan salah satu pemicu tumor. Caranya dengan memarut rimpang lengkuas dan diolah menjadi minuman hangat diminum secara rutin.
2.Lengkuas bersifat anti-inflamasi, dengan demikian ia ampuh meredakan radang. Manfaat lengkuas ini terkait kandungan galangin, dan karioferidanya. Caranya sama dengan yang nomer 1 namun dapat juga dikunyah dan dibuang ampasnya.
2.Lengkuas ampuh mengobati penyakit rheumatoid arthritis.
Lengkuas bisa meredakan gelaja kurang nyaman akibat luka yang terdapat di dalam perut.
3.Jika Anda mabuk laut, kunyahlah lengkuas dan permasalahan Anda tersebut akan teratasi namun harus dibuang ampasnya kalau tidak nanti bisa keseleg loh. hehehe
4.Dengan menggunakan lengkuas di dalam masakan Anda, secara tidak langsung Anda telah mengkonsumsi obat alami untuk melancarkan peredaran darah serta menangkal radikal bebas dari dalam tapi jangan menggunakan lengkuas secara berlebihan nanti masakan Anda bisa kurang enak. hehe
5.Manfaat lengkuas lainnya adalah meredakan diare. Cukup dengan beberapa kunyahan lengkuas, diare akan hilang dalam beberapa waktu. Ingat sekali lagi buang ampasnya jangan ditelan ya.
6.Lengkuas bisa menyembuhkan rematik dan juga sakit limfa.
Banyak produk-produk penambah nafsu makan selalu dicantumkan lengkuas atau Alpinna Galanga sebagai salah satu bahan baku. Memang, salah satu manfaat lengkuas adalah untuk membantu merangsang nafsu makan. Jadi jika anak atau anggota keluarga Anda lainnya mengalami kondisi kurang nafsu makan, maka buatkanlah minuman hangat dari perasan lengkuas untuk mereka. Tapi ingat jangan terlalu banyak nanti nafsu makannya lebih banyak bisa-bisa dapat menghabiskan beras di rumah. hehe
itulah sahabat beberapa manfaat lengkuas yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita dengan mengkonsumsi obat-obatan yang alami karena lebih aman. Rutinlah mengkonsumsi olahan lengkuas tapi jangan berlebihan. Sekian terimakasih. Salam sehat

Comments