segudang manfaat daun katuk untuk kecantikan dan kesehatan

Daun katuk adalah jenis tanaman yang banyak dikonsumsi oleh ibu hamil dan menyusui. Pasalnya, daun katuk mampu memperlancar serta meningkatkan jumlah produksi ASI, selain itu daun katuk digunakan untuk kecantikan wanita dapat memperhalus kulit. Sementara bagi pria, daun katuk umumnya dikonsumsi untuk membangkitkan vitalitas.

Daun katuk sering diolah menjadi aneka jenis masakan, seperti tumis, sayur bening dan sayur bersantan.

Berikut ini berbagai manfaat daun katuk yang berguna bagi kesehatan tubuh kita:
1.Daun katuk memiliki kandungan nutrisinya juga cukup banyak, yaitu: kalsium, protein, fosfor, lemak, vitamin A, B, dan C, serta zat besi.
Menjaga Kesehatan Mata
Vitamin A yang terkandung di dalam daun katuk mengandung senyawa antioksidan yang dapat menghambat infeksi atau virus yang dapat menyerang mata serta dapat menyehatkan mata.
2.Meningkatkan Metabolisme
Kelelahan, kurang tidur, serta gaya hidup yang kurang sehat sering kali menyebabkan daya tahan tubuh seseorang menurun dapat mengganggu aktivitas kerja, menurunnya metabolisme tubuh juga bisa mendatangkan berbagai penyakit lain.

3.Salah satu cara untuk meningkatkan kekebalan tubuh adalah dengan mengonsumsi vitamin C. Sayangnya, vitamin C dalam bentuk kapsul terkadang bisa menimbulkan efek samping pada pengguna, kandungan vitamin pada daun katuk dipercaya dapat mencerahkan kulit yang kusam dan dapat memperhalus kulit khususnya bagi wanita yang melakukan perawatan yang tidak ribet.
Untung saja, daun katuk sudah memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi dan aman untuk Anda konsumsi.

Dengan demikian, kekebalan tubuh bisa semakin terjaga sehingga tubuh lebih tahan terhadap serangan penyakit dari lingkungan sekitar.

4.Mencegah Osteoporosis
Masih muda, tetapi kaki sering pegal-pegal. Hati-hati, bisa jadi itu gejala osteoporosis

Kebiasaan terlalu lama duduk dan jarang bergerak membuat tulang Anda mudah rapuh. Untuk itu, diperlukan asupan kalsium yang cukup agar tulang selalu kuat.

5.Kandungan kalsium pada daun katuk juga bisa membantu memadatkan tulang.

6.Pada ibu hamil, daun katuk sangat berkhasiat untuk menguatkan tulang belakang dan tulang kaki agar mampu menyangga bobot kandungan yang kian membesar dari bulan ke bulan hingga menjelang persalinan.

7.Mengobati Bisul
Bisul umumnya berbentuk benjolan yang berisi nanah akibat infeksi. Selain menimbulkan rasa sakit, keberadaan bisul juga bisa membuat seseorang merasa tidak nyaman. Terkadang, bisul tumbuh di bagian belakang tubuh sehingga bisa menyulitkan seseorang untuk duduk.

8.Untuk mengatasi bisul, Anda bisa menggunakan daun katuk, dan cara mengolahnya adalah:

Siapkan beberapa helai daun katuk yang sudah dicuci terlebih dahulu
Tumbuk hingga lumat dan balurkan pada daerah yang tumbuh bisul
Biarkan ramuan tersebut mengering sendiri dan kemudian bilas menggunakan air hangat
Jika dilakukan secara berkala, bisul akan mengempis dan kering.

9.Mengatasi Sembelit
Susah buang air besar menyebabkan perut tidak nyaman. Pasalnya, makanan yang Anda konsumsi terus tertimbun sehingga proses pencernaan menjadi tidak lancar.

Akibatnya, kinerja organ-organ tubuh yang lain pun ikut terganggu karena tubuh tidak bisa menyerap nutrisi dengan sempurna.

10.Kandungan serat yang tinggi di dalam daun katuk mampu mengatasi masalah sembelit, dan cara mengolahnya adalah:

Siapkan segenggam daun katuk yang sudah dibershkan
Rebus menggunakan segelas air hingga mendidih
Saringlah air rebusan tersebut dan minum 2 kali sehari
Meningkatkan Energi
Kandungan lemak dan protein pada daun katuk sangat berguna untuk meningkatkan energi.

Wanita hamil biasanya mudah kelelahan karena bobot tubuhnya yang semakin berat. Untuk itu, konsumsi daun katuk sangat penting supaya wanita hamil tetap bertenaga.

Di saat kehamilan, kesehatan ibu berpengaruh pada kesehatan bayi dalam kandungan. Jadi, meskipun sedang hamil, wanita harus selalu dalam kondisi prima.

11.Mengatasi Anemia
Zat besi adalah mineral yang bertugas untuk membentuk hemoglobin yang mampu mengantarkan oksigen dalam darah ke seluruh tubuh. Jika seseorang kekurangan zat besi, maka oksigen dalam darah pun berkurang dan sel-sel darah tidak akan berwarna merah. Akibatnya, tubuh mudah lelah, pusing, dan metabolisme tubuh menurun. Sementara itu, pada ibu hamil, anemia dapat menurunkan tingak kecerdasan anak. Untuk itulah, daun katuk perlu dikonsumsi karena mengandung cukup banyak zat besi.

12.Membuang Racun dalam Tubuh
Konsumsi daun katuk secara teratur sangat baik untuk membuang racun dari dalam tubuh. Zat hijau daun yang dimiliki daun katuk mampu menyerap racun yang berada di organ hati. Selain itu, senyawa antioksidan dari zat hijau daun juga bisa menangkal bahaya radikal bebas dari makanan dan lingkungan sekitar yang tidak sehat. Dengan demikian, racun-racun yang ada di dalam tubuh bisa keluar. Tubuh pun senantiasa terhindar dari risiko serangan penyakit.

13.Mengembalikan Kejantanan Pria
Bagi kaum adam yang mempunyai keluhan dengan kejantanannya, daun katuk adalah solusinya. Penyakit disfungsi ereksi dan ejakulasi dini dapat disembuhkan menggunakan tumbuhan tersebut.

Hal ini dikarenakan kandungan efedrin (ephedrine) yang terdapat pada daun katuk. Senyawa efedrin dipercaya dapat meningkatkan kualitas dan jumlah sperma.

Selain itu terdapat juga 7 senyawa aktif lainnya yang dapat meningkatkan produksi hormon steroid dan senyawa ekiosanoid yang dipercaya dapat mengembalikan vitalitas pria.

Walaupun dapat meningkatkan gairah pria, tetapi daun katuk juga mempunyai kandungan papaverine yang memiliki efek samping membuat kecanduan.

Comments