Manfaat Sirih merah yang belum banyak diketahui

Pasti Anda bertanya-tanya seperti apa Sirih merah itu,, sirih merah mirip sekali dengan sirih hijau perbedaannya hanyak terletak pada ciri-ciri fisik dan khasiatnya.
Daun sirih merah memiliki ciri-ciri sebagai berikut:
1. Memiliki warna batang berwarna merah
2. Memiliki bentuk daun bagian bawahnya berwarna merah sedangkan pada bagian atasnya dominan merah sedikit kehijauan.
3. Perkembangan sirih merah lebih lambat dan dari struktur batangnya tidak begitu kuat sehingga harus dikasih penyangga.
Kandungan sirih merah diperkaya dengan flavonoid.

Berikut ini beberapa manfaat dan khasiat daun sirih merah bagi kesehatan tubuh kita.

1.Menghentikan mimisan. Kandungan fenil poppies dan terpene. Mengkonsumsi sirih merah secara teratur akan membantu menghentikan pendarahan hidung. Caranya dengan  menggulung selembar sirih, kemudian masukkan ke lubang hidung yang mimisan.
2.Pengobatan tukak lambung. Daun sirih merah memiliki kandungan vitamin C serta zat anti-septiknya mampu melawan kuman yang menyebabkan tukak lambung. Kunyah 1-2 lembar daun sirih merah, kulum selama 10 menit, kemudian dibuang. Lakukan minimal 2 kali sehari.
3.Pengobatan luka bakar ringan. Kandungan Alkaloid, antioksidan, dan vitamin C pada sirih merah akan membantu meredakan peradangan di area kulit yang terbakar. Hancurkan 3-5 daun sirih merah, kemudian campur dengan 2 sendok teh madu, letakkan di kulit yang terbakar.
4.Obat gusi berdarah. Kandungan saponin, tanin, kalsium, dan mineral fosfor akan meredakan peradangan pada gusi berdarah. Rebus 10 lembar daun sirih merah gunakan untuk berkumur secara rutin.
5.Obat bronchitis. Cara menggunakannya dengan merebus 6-10 lembar daun sirih dalam 300 ml air sampai airnya tinggal separuh. Minum secara teratur 3 kali sehari.
6.Mengobati sakit perut.
Kandungan terpenoid dan klavikula pada daun sirih merah bisa mengobati sakit perut. Minum air rebusan 7 lembar daun sirih dan 3 kali sehari.
8.Obat gatal karena alergi dan gigitan serangga. Cara pemakaiannya dengan merebus 20-30 lembar daun sirih merah, lalu gunakan untuk mandi 2 kali sehari secara rutin.
9.Obat inflamasi prostat. Kandungan tanin, saponin, dan hydroxychavicol akan meregenerasi sel-sel di kelenjar prostat. Caranya dengan merebus 3-7 lembar daun sirih merah yang masih muda dan minum air putih sebanyak 3 kali sehari.
10.Obat tekanan darah tinggi. Kandungan minyak esensial dan fenol akan dapat menstabilkan tekanan darah. Caranya denga mencampurkan air rebusan daun sirih merah dengan madu, kemudian minumlah 2 kali sehari.
11.Obat batuk. Cara pemakaiannya dengan menggunakan 5 lembar daun sirih merah, rebus dengan 300 ml air, kemudian minum 2 kali sehari.
12.Pengobatan payudara bengkak. Daun sirih dapat mengobati payudara bengkak setelah menyusui. Senyawa allylprokatecol dan carvacrol akan membantu meregangkan otot-otot payudara yang meradang. Caranya dengan membakar daun sirih merah sampai layu dan tempelkan pada payudara yang bengkak tetapi jangan pada kondisi panas.
13.Perawatan diabetes. Sirih merah memiliki kandungan terpenoid, klavikula, eugenol, dan pyrene pada daun ini akan membantu kinerja insulin dalam mengatur kadar gula darah.
14.Obat alternatif pneumonia. Caranya dengan meminum air rebusan dari 5-7 lembar daun sirih merah dan 500 ml air dan minum secara teratur untuk membersihkan area paru pada tubuh.
15.Obat asam urat. Daun sirih merah dapat meredakan nyeri otot dan melepaskan kristal asam urat dalam tubuh bagi Anda yang mengidap penyakit asam urat. Caranya dengan merebus 8 lembar daun sirih muda dengan 500 ml air hingga tersisa 3 gelas. Minum segelas 3 kali sehari secara rutin.
16.Mengatasi bau mulut. Senyawa eugenol dan capitol pada daun sirih merah akan membantu mengatasi masalah bau mulut bagi anda yang memiliki bau mulut kurang sedap dan dapat mengganggu percaya diri Anda. Caranya dengan kumur-kumur air rebusan daun sirih merah secara teratur pada pagi dan sore hari.
Itulah manfaat daun sirih merah yang luar biasa bermanfaat bagi tubuh untuk mengobati dan mencegah penyakit seperti yang dijelaskan diatas. Agar kita merasakan khasiatnya daun sirih tersebut dengan rutin mengkonsumsinya. terimakasih, salam sehat.

Comments