manfaat jahe merah untuk kesehatan dan kecantikan

Jahe merupakan tanaman herbal yang paling mudah dikenali, memiliki aroma yang khas. Selain digunakan untuk memasak, jahe banyak dimanfaatkan sebagai obat-obatan alami
Ada beberapa jenis jahe, salah satunya yang paling populer adalah jahe merah karena memiliki banyak manfaat dan khasiat serta harga jualnya yang relatif mahal.

Berikut ini manfaat dan khasiat jahe merah untuk kesehatan dan kecantikan dilangsir dari merdeka.com:
1.Mengatasi mual dan muntah
salah satu manfaat jahe adalah memang untuk menenangkan dan mencegah mual atau muntah dengan aromanya yang khas. Bahkan pasien kemoterapi yang biasanya sering mual akan diberikan terapi yang melibatkan jahe.

2. Menyehatkan sistem pencernaan
manfaat jahe selanjutnya untuk menyehatkan sistem pencernaan serta mencegah penyakit yang berhubungan dengan pencernaan seperti perut kembung, sembelit, atau naiknya asam lambung terkait dengan stres.

3. Menyehatkan otak
Dengan menkonsumsil jahe secara teratur maka dapat meningkatkan dan menyehatkan fungsi otak. Menurut penelitian, jahe akan menghambat proses peradangan yang terjadi di otak. Sehingga fungsi otak akan meningkat, fungsi kognitif bertambah, dan stres oksidatif penyebab penyakit Demensia juga akan menurun.

4. Menyembuhkan migrain
manfaat jahe juga berguna untuk menyembuhkan migrain. Jahe membantu mengurangi ketidaknyamanan karena migrain tanpa efek samping karena dari bahan alami.

5. Melindungi dari sinar UV
Penelitian menunjukkan bahwa manfaat jahe memiliki kemampuan menyerap sinar UV yang dianggap sebagai penyebab kerusakan DNA. Sebabnya ekstrak dari jahe akan merangsang produksi antioksidan dalam tubuh sehingga akan memberikan perlindungan dari sinar UV. Caranya dengan mengoleskan air seduhan jahe atau dapat diparut untuk di lumuri dibagian kulit.

6. Mengontrol kadar gula darah
Jahe memiliki efek kuat untuk mengontrol kadar gula darah itulah sebabnya jahe mendukung metabolisme karbohidrat dan lipid.

Selain terkenal karena keefektifannya sebagai penstabil gula darah, manfaat jahe juga memiliki efek perlindungan yang kuat bagi penderita diabetes.

7. Menjaga kesehatan tekanan darah
Penelitian di Thailand menemukan bahwa manfaat jahe berguna untuk menjaga kestabilan tekanan darah. Terutama bagi mereka yang sedang menderita hipertensi atau tekanan darah tinggi dengan cara mengkonsumsi secara teratur.

8. Berkhasiat untuk osteoarthritis
Manfaat jahe ternyata mendukung kesehatan tulang, khususnya bagi kalangan yang memiliki usia tua. Ekstrak pada jahe efektif untuk mengobati penyakit osteoarthritis.

9. Mengurangi nyeri otot
Selain berguna dalam menjaga kesehatan otot, penelitian di tahun 2013 tentang jahe menemukan manfaat jahe mampu menghilangkan ketidaknyamanan di otot akibat nyeri pada atlet. Selama percobaan 6 minggu ini, mereka yang mengonsumsi jahe mengalami penurunan nyeri otot yang signifikan dibandingkan dengan mereka yang tidak mengonsumsi jahe.

10. Mendukung kesehatan kardiovaskular
Kandungan bahan aktif alami di dalam jahe yang bernama 6-gingerol diketahui berguna untuk mengatur tekanan darah dan mendukung kesehatan kardiovaskular.

11. Mengurangi peradangan
Pada umumnya peradangan yang terjadi di dalam tubuh menimbulkan dampak yang kurang nyaman.
Untuk mengatasinya, jahe bisa membantu, salah satu manfaat jahe untuk kesehatan adalah berfungsi sebagai anti inflamasi, antiviral, dan bahkan antibakteri dalam tubuh.

12. Mencegah kanker usus
Manfaat jahe berikutnya adalah untuk mencegah kanker usus. Menurut penelitian yang dilakukan di Amerika, ditemukan bahwa mereka yang rajin mengonsumsi jahe memiliki risiko yang lebih rendah untuk terkena kanker usus dibandingkan yang tidak rutin mwngkonsumsi jahe.

13. Menyembuhkan alergi
Jahe biasanya digunakan untuk mengusir rasa gatal di kulit khususnya bagi anda yang memiliki alergi pada kulit dengan rajin mengonsumsinya.

14. Menguatkan sistem kekebalan tubuh
Sistem kekebalan tubuh yang kuat sangat dibutuhkan untuk menghalau datangnya beragam penyakit. Salah satu cara alami untuk memperkuat imunitas adalah dengan rajin makan jahe atau meminum air jahe.

15. Melegakan tenggorokan
Mengonsumsi jahe akan memberikan efek hangat di tenggorokan. Dengan demikian manfaat jahe lainnya adalah untuk melegakan tenggorokan, terutama jika tenggorokanmu gatal karena penyakit pernapasan dan batuk.

16. Mencegah kebotakan
Dengan rajin merawat rambut dengan jahe maka kerontokan dan kebotakan dapat dicegah.
kandungan pada jahe mendukung proses pertumbuhan rambut. Sebab jahe akan merangsang folikel di kulit kepala, memelihara setiap helai rambut, dan menguatkan. Cara menggunakannya sebagai masker rambut untuk jahe yang telah dihancurkan dengan minyak kelapa murni. Kemudian diamkan selama 30 menit lalu keramaslah seperti biasa.

17.Manfaat jahe untuk diet

Manfaat jahe untuk tubuh lainnya adalah membakar lemak. Sebab jahe merupakan penguat metabolisme tubuh, pembakar kalori, dan membantu dalam meningkatkan rasa kenyang.

Dalam penelitian yang dilakukan di Institute for Human Nutrition di Columbia University, orang yang rajin mengonsumsi minuman panas dengan kandungan jahe larut di dalamnya lebih mudah mengalami rasa kenyang dibandingkan dengan mereka yang jarang minum air jahe.

18. Mencegah selulit
Manfaat jahe untuk kesehatan kulit lain adalah berguna dalam mencegah selulit. Sebabnya jahe akan meningkatkan sirkulasi dan regenerasi sel kulit yang pada gilirannya membantu dalam melawan selulit. Cara pemaiakannya dengan menghaluskan jahe kemudian digosok-gosok area selulir.
19. Manfaat jahe untuk kecantikan wanita.
mempercantik kulit dan mencegah penuaan dini. Sebabnya jahe sudah sejak lama dikenal dalam pengobatan Ayurveda dan Cina sebagai agen anti penuaan dini.

"Kandungan zat antioksidan di dalam jahe akan meningkatkan produksi kolagen, meminimalkan terjadinya kerusakan kulit, dan mencegah peradangan," ungkap penelitian yang dilansir dari Reader's Digest. Untuk mendapatkan manfaat jahe yang maksimal bagi kulit, kamu bisa menggosok kulit dengan irisan jahe setidaknya 2-3 kali dalam seminggu. Manfaat jahe ini juga berguna dalam menghilangkan bekas luka hipopigmentasi.

20.Mencegah timbulnya jerawat
Tersiksa karena jerawat? Manfaat jahe lain adalah untuk mencegah timbulnya jerawat. Sebab jahe mengandung zat antiseptik dan anti oksidan yang akan melawan bakteri dan mencegah efek buruk radikal bebas penyebab timbulnya jerawat.
21. Manfaat jahe untuk pria perkasa
"Selain itu, kandungan alami dalam jahe juga akan mempromosikan pertumbuhan sel kulit baru, meningkatkan sirkulasi darah, dan menyembuhkan luka," tulis penelitian dari Reader's Digest.
Selain mengandung potasium, magnesium, dan vitamin B6, jahe juga mengandung mangan. Di dalam tubuh, mineral ini berguna untuk mendukung kesehatan saraf. Saat kesehatan sarafmu meningkat dan jadi rileks, maka akan terjadi pelepasan hormon seksual berupa testosteron. Selain itu, manfaat jahe untuk mendukung kesehatan pria adalah meningkatkan produksi sperma dan libido seksual.
Itulah beberapa manfaat jahe merah yang dapat kita rasakan khasiatnya dengan menggunakannya secara teratur untuk dapat maksimal merasakan khasiatnya. Semoga bermanfaat. Salam sehat

Comments