Manfaat dan khasiat Kencur untuk kesehatan

Siapa yang tidak mengenal kencur? pasti semuanya mengenal tanaman ini kan.
Kencur merupakan tanaman obat yang pada bagian umbinya kerap menjadi bahan campuran jamu dan bahan baku tonikum untuk menambah nafsu makan pada anak-anak yang kurang nafsu makan. Daun kencur dapat dibuat menjadi sayur urap teruraman digunakan oleh masyarakat Bali.
Apa saja kandungan pada kencur?
Rimpang kencur mengandung mineral, pati dan minyak atsiri seperti sineol, asam metal kanil, asam sinamat, etil ester, kamphene dan alkaloid. Begitu banyak kandungan pada kencur sehingga tanaman ini sangat banyak manfaatnya untuk menjaga kesehatan tubuh kita.

Apa saja manfaat kencur bagi kesehatan? Berikut ada 10 manfaat kencur bagi kesehatan berikut ini:

1. Mengobati pilek
Kencur dikenal sebagai obat tradisional pada masyarakat Indonesia untuk mengobati flu secara alami dengan cara melonggarkan pernapasan dan bertindak sebagai antivirus. Bagaimana cara penggunaanya? Cara penggunaanya dengan mengambil rimpang kencur secukupnya dan dua helai daun kemukus. Haluskan kedua bahan dan campur dengan air hangat hingga membentuk pasta. Oleskan pada daerah sekitar hidung. Hidung yang tersumbat akan terasa lebih longgar, tetapi jangan terlalu kebanyakan mengoleskannya bisa membuat hidung anda kepanasan. hehe
2.Mengobati batuk berdahak
Batuk berdahak bisa menjadi sangat mengganggu aktivitas sehari-hari jika tidak segera diobati. Kandungan yang terdapat dalam kencur dapat mengencerkan dahak sehingga saluran pernapasan pun menjadi lebih lega. Caranya dengan mencampurkan parutan kencur dengan segelas air hangat, lalu saring. Tambahkan sedikit garam dan minumkan pada penderita. Minum ramuan ini dua kali sehari setelah bangun tidur dan sebelum tidur, usahakan meminumnya dalam kondisi hangat kuku.
3.Mengurangi rasa sakit akibat terkilir
Kencur memiliki sifat hangat alami sehingga dapat melemaskan otot dan urat yang tegang akibat terkilir atau keselo. Caranya dengan mencampurkan parutan kencur yang dicampur dengan beras yang telah ditumbuk halus, lalu dibalurkan ke bagian tubuh yang terkilir, tutup dengan perban. Ganti perban dan kencur sehari sekali hingga bagian tubuh yang sakit terasa lebih baik.
4.Mengobati batu ginjal
Bagi penderita sakit batu ginjal bisa terasa sangat menyiksa, yang disebabkan oleh menumpuknya material kristal seperti kalsium, oksalat dan asam urat pada urin. Kencur dapat mengobati sakit batu ginjal secara alami. Cara penggunaanya siapkan dua rimpang kencur dicuci dan diparut, lalu aduk di dalam segelas air hangat, saring dan berikan sedikit garam. Minumkan ramuan ini secara rutin hingga batu ginjal keluar.
5.Mengobati diare
Diare disebabkan oleh infeksi bakteri pada makanan yang dikonsumsi. Gejalanya adalah sakit perut dan mencret sehingga dapat sangat mengganggu aktivitas sehari-hari. Penderita juga harus ke kamar mandi berkali-kali untuk buang air besar. Cara penggunaanya adalah pada dua siung bawang merah dihaluskan bersama dua rimpang kencur. Bungkus ramuan dengan daun pisang, lalu panaskan dengan api kecil di atas wajan tanah selama beberapa saat. Gunakan ramuan sebagai luluran atau dioleskan untuk meredakan rasa sakit perut.
6.Menjaga kesehatan kulit
Bagi anda para wanita yang suka perawatan secara aman dan alami disarankan menggunakan bahan dari kencur. Kencur memiliki sifat antiseptik alami yang terdapat pada kencur membuatnya cocok digunakan untuk menjaga kesehatan kulit. Kencur sudah dikenal khasiatnya dalam menjadikan kulit lebih halus sehingga sering digunakan sebagai bahan baku lulur tradisional. Campuran kencur dan beras efektif melembutkan kulit dan mencegah munculnya jerawat pada wajah. Konsumsi jamu tradisional dari bahan kencur juga membantu menjaga berat badan dan membuat kulit menjadi lebih bersih.
7.Meredakan radang lambung
Bagi anda penderita sakit pada lambung yang disebabkan oleh asam lambung berlebih, bakteri dan kombinasi keduanya. Penyakit Asam lambung mengakibatkan luka pada lambung sehingga mudah terserang bakteri. Kencur dapat meredakan sakit pada lambung dengan cara yang sederhana.Caranya dengan mengunyah dua rimpang kencur yang sudah dikupas hingga airnya keluar di dalam mulut dan membuang ampasnya, ingat jangan ditelan ya nanti keseleg. hehe
8.Mengusir nyamuk
Tidak banyak orang yang tahu jika kencur mengusir nyamuk. Caranya dengan memoyong kecil-kecil pada kencur yang telah dikupas diletakkan di dekat kamu. Wanginya yang khas tidak hanya mengusir nyamuk, tapi juga dapat berfungsi sebagai aromaterapi yang membuat rileks.
9.Mengobati penyakit kulit
Yang punya penyakit panu dan kurap ayo buruan coba pengobatan alami menggunakan kencur, karena kencur memiliki kandungan minyak atsiri yang bertindak sebagai antiseptik dan anti bakteri. Kencur dapat menghambat pertumbuhan jamur penyebab panu dan kurap sehingga dapat digunakan sebagai obat luar. Ingat secara teratur pemakaiannya dengan cara mengoleskan pada permukaan kulit anda yang terkena jamur, bakteri, panu dan kurap.
10.Melancarkan ASI
Bagi Anda ibu menyusui dapat mencoba ramuan kencur di rumah dengan cara ambil kencur seukuran jari kelingking, lalu digeprak. Siramkan dengan air panas dan tunggu hingga dingin. Minum 2-3 kali seminggu untuk mendapatkan ASI yang lancar. Selain itu, nafsu makan anak yang menyusui juga dapat meningkat.

Ingat!!! yang menyusui anaknya bukan bapaknya, uppss, nanti mambu mbako. hehe

terimakasih semoga bermanfaat manfaat dari kencur, konsumsilah secara teratur. Salam sehat

Comments